Artikel Populer

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas



Tes hasil pembuatan kompresor angin rakitan dari kompresor AC Mobil Bekas. Hasilnya lumayan dan suplay anginnya stabil untuk mengecat menggunakan spray gun.


Kompresor Angin Rakitan 


Sebenarnya banyak sekali tutorial bagaimana caranya membuat kompresor angin yang biasa digunakan baik untuk pengecatan,  mengisi angin ban,  atau sekedar hobi dari yang pemula sampai profesional.  

Nah dari sekian banyak tutorial itu kebanyakan membuat kompresor dari mesin kulkas atau lemari es dengan berbagi ragam ide kreatifnya. pada kesempatan ini saya coba share untuk pertama kalinya mencoba Cara membuat kompresor angin dari kompresor A. C. Mobil bekas dan tabung freon bekas type R22.

Cara Membuat Kompresor Angin Dari Kompresor AC mobil Bekas

Caranya bagaimana?  Nah karena ini merupakan trial & error test,  jadi saya letakkan saja Motor Peggerak 3/4 HP dan Kompresor AC mobil Bekas diatas meja kayu apa adanya, kemudian dikencangkan dengan baut.  Setelah itu kompresor AC mobil bekas dihubungkan dengan motor penggerak menggunakan V-Belt.

Sementara itu pada lubang pembuangan kompresor AC mobil dihubungkan ke tabung freon R22 sebagai tabung penyimpanan angin. 

Saya gunakan Automatic Air Compressor untuk mengatur tekanan angin masuk dan keluar serta seperangat alat untuk pengecatan (selang dan spraygun merek Tekiro).

Kemudian setelah semua terpasang dengan baik dan siap TEST,  hubungkan motor penggerak ke sumber listrik (220V), setelah motor penggerak hidup tunggu beberapa saat sambil monotoring proses charge atau pengisian angin ke dalam tabung penyimpanan melalui Automatic Air Regulator.

Setelah angin mencapai tekanan  kurang lebih 4 Bar,  maka proses pengecatan bisa dilakukan.

Alhamdulillah dengan cara yang sederhana ternyata Kompresor A.C. mobil bekas ini bisa untuk menyelesaikan proses pengecatan. Untuk lebih nyata atau real-nya silahkan lihat video di atas.

Hasil Pembuatan Kompresor Angin AC MObil Bekas 

Hasil pembuatan kompresor angin dari kompresor AC  mobil bekas ini ternyata lumayan. Saya gunakan motor 3/4 HP sebagai penggerak kompresor,  tabung freon R22 bekas,  selang, nozle, dan spray gun. 

Hasil tes lumayan lancar,  tetapi masalahnya kompresor AC mobil bekas ini cepat panas terlebih kalau oli pendinginnya telat bisa macet.

Terima kasih atas kunjungan dan partisipasinya.  Jangan lupa untuk bisa share,  like dan subscribe.

INFO SALAH WEBHOSTING MURAH DAN BAGUS!, jadi bagi kalian yang ingin membuat BLOG atau WEBSITE atau sudah punya BLOG tapi masih GRATISAN, anda bisa mendaftar di NIAGAHOSTER.

Silahkan Baca Artikel DIY KRENOVAKU lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor