Artikel Populer

Cara Membuat Mesin Amplas Belt Grinder - Belt Sander Machine

DIY Belt Sander, How To Make Belt Sander, Mesin Amplas, Cara Buat Mesin Amplas, Mesin Amplas Rakitan, DIY Mesin Amplas

Step by step Cara Membuat Mesin Amplas Belt Grinder - Belt Sander Machine menggunakan Motor MESIN CUCI BEKAS.

Mesin Amplas - Belt Grinder - Belt Sander Machine

Mesin amplas rakitan atau Belt sander machine ini sebenarnya banyak membantu dalam proses pekerjaan terutama untuk membantu menghaluskan bagian permukaan kayu yang masih belum rata atau bergelombang,  menghaluskan bagian yang tajam dari potongan besi dan dapat juga digunakan sebagai alat asah pisau dapur. 

Jadi bagi kalian yang  bekerja di bengkel, pertukangan (kayu), atau sekedar hoby DIY, maka mesin amplas sederhana ini akan membantu pekerjaan tersebut.

Bagaimana cara membuatnya? Simak terus sampai selesai ya, karena pada akhir ulasan ini akan ada video proses pembuatannya dari awal sampai Tes mesin amplasnya.

Cara Membuat Mesin Amplas Belt Sander

Mesin Amplas

Mesin amplas atau Belt Sander dan bisa dikatakan juga dengan mesin asah ini saya buat sesuai dengan draft concept 3D model yang prosea perancangannya menggunakan software SolidWorks. 

Mesin Amplas ini saya rancang agar dapat digunakan mengasah pisau dapur, pisau potong, cutter, golok atau parang, menghaluskan bagian permukaan kayu dan potongan besi  atau potongan pipa PVC yang tidak rata, dan lainnya.

Ide Pembuatan Mesin Amplas Belt Sander

Ide dasar atau ide kreatif untuk membuat mesin adalah menggunakan Motor Mesin Cuci Bekas Pakai, dengan dua buah roller kayu yang dihubungkan dengan mesin belt sander atau sabuk amplasnya dari amplas kertas yang disambung sendiri menggunakan lem Adhesive atau seringkali orang menyebutnya dengan  lem korea.

Ide lainnya adalah kekencangan bagian kertas amplas harus dapat disetel untuk memudahkan pada saat pemasangan dan untuk mengatur posisi kerataan pada saat mesin mulai running.

Untuk roller belt sander saya buat menggunakan kayu Jati dan Kayu Triplek 3mm. ( Catatan : Kalian biaa menggunakan jenis kayu apa saja yang penting bagus kualitasnya.

Kemudian dibuat semacam dudukan untuk pisau jika digunakan untuk mengasah pisau, pahat, mata bor, dan lainnya. Bagian sabuk amplas kertas terutama pada bagian yang digunakan untuk mengasah juga harus diberi penguat atau dudukan sehingga kertas amplas tidak mudah rusak atau sobek.

Untuk pemasangan dan penggantian sabuk amplas (belt sharpener) ini, bagian roller yang diputar seperti digambarkan di atas itu dilengkapi dengan sistem mekanis yang bisa disetel (adjustable) dengan mudah. 

Selengkapnya silahkan nanti  lihat videonya.

Tahapan proses pembuatan Meain Amplas Rakitan atau DIY Belt Sander Machine :

1. Cara Membuat Roller atau Roda Penghubung Sabuk Amplas Dari Kayu

Roller ini saya buat secara manual dari kayu jati sisa potong dengan ukuran Dia. 70 mm. Potong 2 buah kayu dengan ukuran 80x80x20 mm, kemudian kedua potongan tersebut direkatkan dengan lem kayu putih. Gunakan klem penjepit agar lem mekat dengan baik.

Setelah kering dan merekat dengan baik, potong secara bertahap pada bagian sudut sampai mendekati bulat. Kemudian untuk membuatnya menjadi bulat, saya serut (bubut manual) menggunakan bor tangan dan pisau ketam sampai ukuran Diameter yang dinginkan tercapai.

Setelah selesai, kemudian buat lubang Dia. 32 mm untuk dudukan Bearing. Gunakan lem kayu atau lem fox pada saat memasang bearing.

Contoh Roller Belt Sander, roller mesin amplas rakitan
Contoh Roller Belt Sander


2. Cara Membuat Papan Mesin Belt Sander

Papan mesin belt sander ini saya buat dari kayu jati dengan ukuran 300 * 280 * 18 mm. Potong papan kayu sesuai ukuran, kemudian potong pada bagian sudut, buat lubang untuk dudukan rangka mesin. Amplas bagian permukaan papan kemudian dicat.

Contoh Papan Mesin Belt Sander, papan mesin amplas rakitan
Contoh Papan Mesin Belt Sander


3. Cara Membuat Dudukan Roller Belt Sander

Untuk membuat bagian dudukan roller belt sander, pertama buat dulu bracket roller menggunakan plat bar ukuran 25*4 mm. Kemudian bentuk seperti letter Z dengan cara dibending manual kemudian buat lubang Dia. 10 mm. 

Kedua, Potong Pipa ukuran 25*25*1.0*180 mm. Buat tutup dengan lubang yang sudah di buat ulir untuk baut M8*1.25 mm. Ketiga, las ketiga komponen menjadi satu bagian adjustable roller belt sander.

Contoh Dudukan Roller Meain Amplas Rakitan
Contoh Dudukan Roller Belt Sander


4. Cara Membuat Dudukan Rangka Body Belt Sander

Untuk membuat rangka body belt sander, saya buat sesuai dengan konsep desain. Proses pembuatannya yaitu  : potong bahan, bentuk bahan, buat lubang baut, las listrik dan finishing cat.

Contoh Dudukan Rangka Body Mesin Amplas Rakitan
Contoh Dudukan Rangka Body Belt Sander


5. Cara Menyambung Sabuk Amplas atau belt Sander

Untuk membuat sabuk amplas atau sabuk pengasah pisau cukup mudah, potong amplas dengan panjang atau ukuran yang telah disesuaikan.

Potong miring pada bagian ujung amplas, kemudian kupas bagian kasar amplas. Setelah itu rekatkan dengan lem fox atau lem (korea) dan tunggu sampai merekat dengan baik.

Contoh Belt Sander Paper, Cara menyambung amplas kertas
Contoh Sabuk Mesin Amplas Rakitan


6. Ukuran Baut dan Mur untuk Belt Sander Machine

Ukuran baut yang digunakan untuk mesin pengasah pisau ini yaitu Baut  dan Mur M8*1.25*L30 mm, Ring jepit no.8. Kunci pas no. 14.

Ukuran Baut, Mur, O-Ring, Kunci Pas untuk Mesin Amplas Rakitan
BAUT, MUR, O-RING, SPRING dan KUNCI PAS


7. Proses pengecatan DIY Belt Sander Machine

Untuk proses pengecatan saya gunakan cat besi warna Hitam dan proses pengeringan dengan cara alami yaitu dijemur .

Contoh Proses Pengeringan Cat Bagian Rangka Mesin Belt Sander

Contoh Proses Pengeringan Cat Bagian Rangka Mesin Amplas Rakitan


8. Proses Perakitan Mesin Amplas Rakitan - DIY Belt Sander Machine

Untuk proses perakitan dilakukan secara bertahap, yaitu 
  • Pasang dudukan rangka mesin pada papan mesin, 
  • Kemudian pasang mesin cuci bekas pada dudukan rangka.
  • Pasang adjustbale roller belt sander yang telah dipasang pegas tekan pada dudukan rangka body mesin. 
  • Pasang roller pada adjustable belt sander. Setelah semua terpasang dengan baik ( Baut, mur dan ring), langkah terakhir yaitu 
  • Pasang sabuk amplas atau belt sander.
  • Terakhir, lakukan trial and error test.

9. Trial & Error Test DIY Belt Sander Machine

Untuk memastikan mesin ini berfungsi dengan baik atau tidak, maka perlu dilakukan tes mesin dan kestabilan posisi sabuk amplas pada saat mesin dihidupkan. Lakukan penyetelan ringan untuk mengatur posisi sabuk.

Setelah semua berjalan dengan baik, saya coba asah pisau dapur sampai diperkirakan tajam. Untuk munguji apakah hasil asahan sudah tajam atau belum, saya gunakan kertas HVS kemudian dipotong, jika langsung sobek artinya hasil asahan sudah sesuai target dari pembuatan DIY Betl Sander Machine ini.

10. Selesai

Selengkapnya silahkan tonton Video Step by step proses Pembuatan Mesin Amplas Rakitan saya ini :



Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mengunjungi artikel ini dan juga supportnya. Semoga bermanfaat.

INFO SALAH WEBHOSTING MURAH DAN BAGUS!, jadi bagi kalian yang ingin membuat BLOG atau WEBSITE atau sudah punya BLOG tapi masih GRATISAN, anda bisa mendaftar di NIAGAHOSTER.

Silahkan Baca Artikel DIY KRENOVAKU lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor