Artikel Populer

Cara Amplas Kayu Pallet Bekas Agar Supaya Hasilnya Halus dan Rata





Perlu tips dan usaha untuk dapat menghasilkan permukaan kayu palet bekas dari kayu jati belanda ini menjadi lebih rata dan halus. Simak caranya sampai selesai.

Cara Amplas Kayu Pallet Bekas Agar Supaya Hasilnya Halus dan Rata


Amplas Kayu

Amplas Kayu merupakan salah satu alat yang dibutuhkan untuk menghaluskan permukaan media kayu baik pra finishing maupun finishing. 

Memilih jenis-jenis amplas yang tepat sangat penting agar hasil amplas permukaan kayu menjadi bagus sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Secara umum, proses pengamplasan dilakukan secara manual, gerinda dan juga menggunakan mesin (seperti mesin planer atau meesin drum sander).


Pemilihan jenis amplas harus disesuaikan dengan cara aplikasi yang akan dilakukan. 

Jika Anda ingin mengerjakan dengan cepat maka Anda bisa menggunakan alat belt sander yang akan mempercepat Anda dalam bekerja menggunakan mesin.


Jika Anda hanya mengerjakan untuk kebutuhan hobi atau untuk kebutuhan sendiri yang tidak diburu waktu, maka Anda bisa mengaplikasikannya secara manual menggunakan tangan. 

Tidak usah khawatir, dengan memilih nomer amplas yang tepat, walaupun dikerjakan secara manual bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Karakteristik Kayu Pallet Bekas Jati Belanda

Kayu pallet bekas saat ini mulai populer dalam pekerjaan kayu atau woodworking. 

Karakteristik dari kayu ini pada prinsipnya sama dengan kebanyakan kayu jati belanda, hanya saja karena kayu ini bekas pallet tentu banyak bagian yang bisanya berlubang atau banyak bekas paku. 

Tips yang perlu diperhatikan sebelum proses amplas kayu pallet bekas.

Kayu jati belanda adalah jenis kayu pinus yang kemudian digunakan sebagai pallet untuk peti kemas. Bekas peti kemas ini yang disebut dengan kayu jati belanda. 

Sejak zaman dulu perdagangan melalui kapal banyak memanfaatkan kayu pinus sebagai peti kemas.Awalnya peti kemas banyak di-ekspor ke wilayah Eropa khususnya Belanda. Sehingga akhirnya banyak dikenal dengan nama kayu jati belanda.

Kayu jati Belanda ini banyak tumbuh di benua Asia khususnya Indonesia di pulau  Sumatra dengan jenis Tusam dan Merkusii. 

Bentuk fisik dari kayu jati belanda berbeda dari kayu jati jawa. Jenis kayu ini memiliki karakter kayu lunak dan lebih cerah warnanya.

Berikut beberapa karakter dari kayu jati belanda :

  • Memiliki warna dan serat kayu yang eksotis.
  • Memiliki banyak kantong minyak karena banyaknya cabang kayu.
  • Jenis kayu softwood yang mudah terserang jamur dan serangga
  • Memiliki bobot yang ringan.
  • Termasuk jenis kayu lunak yang mudah dibentuk
  • Termasuk jenis kayu yang gampang-gampang sulit di-finishing terutama dalam proses pewarnaan.


Mengingat jenis kayu softwood ini maka Anda harus berhati hati dalam peletakannya, dan kondisinya tidak boleh terlalu lembab. 


Untuk itu dibutuhkan lapisan pelindung berupa cat kayu. Proses finishing jati belanda bisa dilakukan dengan mudah dengan catatan menggunakan produk cat yang tepat, yang mampu memberikan perlindungan sekaligus meningkatkan estetikanya.

Cara Amplas Kayu Pallet Bekas Agar Supaya Hasilnya Halus

Banyak artikel dan atau cara orang untuk mengamplas kayu, ada yang melakukannya secara manul yaitu dengan cara digosok dengan tangan secara berulang-ulang sampai mendapatkan tingkat kehalusan yang diinginkan.


Namun demikian saya punya tips cara mengamplas  tersendiri yaitu
  • Siapkan papan kayu jati belanda yang akan dihaluskan atau diamplas
  • Siapkan Mesin Amplas Kayu (lihat spesifikasi mesin Amplas )
  • Siapkan kertas amplas Ukuran AA100 dan P60
Sand Paper P60 dan AA100
Kertas Amplas P60 dan AA100

  • Potong masing-masing kertas amplas sesuai dengan ukuran pada dudukan mesin
  • Untuk memulai mengamplas gunakan kertas amplas kasar terlebih dahulu yaitu nomor P60.
  • Amplas permukaan papan kayu pallet bekas yang masih kasar secara bertahap (lihat video diatas )

Proses Amplas Kayu Pallet jati Belanda Bekas
Cara Amplas Kayu Kallet Bekas

  • Setelah seluruh permukaan yang kasar telah diamplas, ganti kertas amplas P60 dengan kertas amplas AA100 untuk menghaluskan permukaan kayu 
  • Langkah terakhir yaitu proses penghalusan menggunakan kertas amplas AA100 atau anda bisa menggunakan kertas amplas dengan grade yang lebih halus lagi sesuai dengan kebutuhan.
  • Pastikan semua bagian permukaan papan kayu telah halus dan rata.

Kayu pallet Bekas SEBELUM dan SETELAH Selesai Diamplas
Kayu pallet Bekas SEBELUM dan SETELAH Selesai Diamplas

Spesifikasi Mesin Amplas

Merek : MODERN
TYPE : FS9935
KONSUMSI DAYA : 160W /  220V AC / 50Hz

KESIMPULAN

Cara Amplas kayu dengan mesin amplas merek Modern dan Kertas Amplas dengan grade P60 dan AA100 ini, menurut saya ternyata hasilnya lumayan baik. Terlihat dari serat permukaan kayu yang sebelumnya terlihat kasardan tidak rata, setelah diamplas profil permukaan menjadi terlihat sangat bagus dan natural.

Demikian artikel ini saya tulis, semoga bisa menjadi gambran atau referensi bagi temen-temen yang masih belajar memanfaatkan kayu khususnya kayu pallet bekas seperti saya ini untuk membuat barang kerajinan yang bermanfaat.

Mungkin dari temen-temen ada yang menganggap bahwa cara yang saya lakukan kurang atau tidak tepat, untuk itu karena masih belajar saya harapkan ada masukan untuk membuat lebih baik lagi.

Terima kasih atas kunjungan dan dukungannya.

Silahkan Baca Artikel DIY KRENOVAKU lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor