Artikel Populer

Masalah Daftar Adsense Blog Menggunakan Adsense Youtube

Masalah Iklan Adsense Blog
Contoh Iklan tidak Tayang Dalam Blog

Bagaimana cara menyelesaikan masalah daftar adsense blog menggunakan akun adsense Youtube? Bagaimana cara mengajukan klaim banding akun adsense?

ADSENSE BLOG

Masalah Daftar Adsense Blog Menggunakan Adsense Youtube


Barangkali ini yang sering menjadi pertanyaan untuk para blogger pemula seperti saya ini. Bagaimana caranya agar blog saya bisa menampilkan iklan yah? kalo yang lain bisa kenapa punya saya kok nggak bisa?

Baik sahabat blogger semuanya dimanapun anda berada, kali ini blogger pemula (saya sebut saja pembuat konten dan pembaca sekalian dengan sebutan "Blogger") ingin share tentang pengalaman daftar adsense untuk blog yang bermasalah alias iklan tidak bisa tayang alias ads blank.

Kok Bisa.....????

Nah itu Masalahanya...!!!

Kenapa yah....ngak bisa ...????

Nah untuk itu sahabat blogger, kalau saya baca artikel lain, baik para blogger yang sudah senior atau sudah master lah kalau boleh dibilang begitu, baik yang pro SEO mupun yang kontra SEO, baik yang dari dalam negeri maupun yang dari luar negeri sana, katanya blogger pemula itu harus banyak belajar dan jangan pesimis tetapi harus optimis. 


Jadi Semangat itulah yang mendorong saya untuk terus belajar mencari tahu bagaimana caranya mendaftarkan adsense blog saya ini.

Untuk memperjelas pokok permasalahannya berikut saya kasih daftar kisi-kisinya agar supaya tidak simpang siur, Oke.

  1. Verifikasi BLOG
  2. Syarat kelayakan Blog untuk Adsense
  3. Tampilan Blog sudah SEO apa belum
  4. Akun Adsense Blog vs  akun adsense Youtube
  5. Daftar Adsense Blog
  6. Masalah Daftar Adsense Blog
  7. Kesimpulan
Bagaimana sahabat blogger, lumayan juga ya kisi-kisinya. Ada 6 kisi-kisi ini juga belum berhasil lolos daftar adsense, jadi bisa dimaklumi namanya juga masih belajar dan mencoba bikin semangat!!!

Oke mari kita bahas pokok dari kisi-kisi diatas agar lebih jelas menggambarkan maksud dari pokok permasalahannya.

Mari kita sama-sama pelajari dulu yah biyar gak salah mengerti tentang adsense ini....Lets do it.

Verifikasi BLOG

Salah satu persyaratan untuk bisa mendaftar adsense adalah blog kalian harus TERVERIFIKASI oleh yang punya lisensi yaitu Google.
Jadi sebenarnya kita semua "blogger"itu boleh dikatakan numpang tempat untuk bisa bermedia social lewat jejaring internet konon yang terbesar didunia yaitu GOOGLE. 

Singkat kata " Siapa sih yang gak tahu GooGle?"

Mudah-mudahan maksudnya bisa ditangkap yah...

Apa hubungannya dengan verifikasi Blog? jadi sebentar dan bersabar yah...yah...

Jadi dibilang numpang bermedia sosial via google ini, karena kita sendiri bukan si empunya alias pemilik Google itu sendiri, apalagi bikin blog gratis (Mungkin ada juga yang berbayar).. 

Sampai sini mudah-mudahan bisa dipahami...Yah. Tapi yang ini bukan jadi pokok bahasan...Oke!

Yang jadi pokok bahasan masalah adalah ....

Begini karena kita yang dibahas adalah tentang Adsense Blog, maka sebaiknya kita fokus ke Blog ini yah agar bisa menghasilkan tayangan iklan dari Blog ini.

Tadi di atas  saya bilang blog harus terverifikasi untuk bisa daftar adsense, jawabannya ; blog saya ini telah diverifikasi (lihat gambar berikut ini). Jadi Clear yah syarat daftar adsensenya LULUS  "TERVERIFIKASI".

Tanda Blog Terverifikasi
Tanda Blog Terverifikasi

Syarat kelayakan Adsense Blog 

Kalau baca aturan tentang persyaratan kelayakan adsense blog maka perlu diperhatikan beberapa hal dan ini penting :

Apakah anda sudah memiliki konten sendiri yang dibuat dari AWAL?

Nah ini yang terkadang untuk pemula ini jadi semacam tantangan, kenapa? karena ternyata menulis artikel ini menurut kebijakan adsense itu tidak asal tampil, jadi harus memenuhi pedoman kualitas juga. 

Hmmm....

Gimana caranya yah...

Diakatakan memenuhi pedoman kualitas itu, berarti apa yang ditulis atau dibuat melalui website yang bernama blogger ini salah satu syaratnya harus konten ASLI. Walaupun saya terkadang membaca artikel dengan judul yang mirip tetapi isi kontenya juga hampir mirip juga yah...kadang isinya singkat banget...tidak ada endingnya? 


Kalau baca artikel yang tidak ada endingnya, terkadang cuman berbesar hati dan yah...coba positif thingking aja...mungkin mereka tidak cukup waktu untuk menulis artikel yang memenuhi katanya SEO itu atau bahan materinya masih kurang lengkap seperti artikel saya ini.

Oke lanjut yah...

Untuk bisa daftar adsense selain kontennya harus "ASLI", dalam menulis artikel ini harus diperhatikan juga HALAMAN blog kalian harus UNIK.

Ingat yah kata "UNIK"...

Nah buat saya kata "UNIK" sendiri kan relatif yah...tergantung dari sudut pandang masing-masing pembuat konten dan pembaca itu sendiri. Tetapi saya mencoba memahami bahwa kata ini bisa diartikan bahwa konten yang dibuat haruslah menjadi konten yang bisa membuat pembaca itu setidaknya mau baca judulnya.

Masa baca Judulnya doank....?

Ya tentunya bagi si pembuat artikel berharap artikelnya ini setidaknya bisa menambah kahasanah wawasan baru atau memperdalam wawasan baru yang memang belum terakomodasi melalui media lainnya. 

Dan Tentu ini menjadi bagian penting dalam pembuatan sebuah artikel.

Kemudian syarat kelayakan untuk adsense lainnya juga selain "ASLI dan UNIK", halaman blog anda juga harus memudahkan si pembaca berselancar  atau USER FRIENDLY vs MOBILE FRIENDLY.

Yah benar itulah salah satu persyaratannya, jadi ketika si pembaca misalnya ingin berinteraksi dengan artikel lainnya atau ingin mengetahui tentang profil pemilik anda atau ingin berinteraksi pada kolom komentar atau ingin berbagi ke media social lainnya, maka halaman anda harus diatur sedemikian rupa untuk memenuhi harapan pelanggan atau kalau dalam marketing diistilahkan dengan "Customer Satisfaction".  

Begitu juga dengan penulisan Blog di website anda.

Pointya adalah dapat menjangkau pelanggan baik lama maupun yang baru.

Wah ternyata panjang juga yah....kapan Mau adsennya neh...

Untuk selengkapnya silahkan blogger membaca bantuan syarat kelayakan adsense Google.

Apakah konten anda mematuhi kebijakan ADSENSE?

Seperti telah diulas di atas bahwa untuk menjawab pertanyaan ini bisa dikatakan mudah-mudah sulit atau gampang-gampang susah, kenapa? ya karena pada akhirnya laporan kinerja dari situs website anda yang akan memberikan laporannya ((seperti terlihat dalam gambar di bawah ini). 

Laporan Kinerja Situs Blog
Laporan Kinerja Situs Blog

Sekali lagi tentu sebagai pembuat konten saya sendiri berusaha sebisa dan semaksimal mungkin bisa memenuhi aturan kebijakan tersebut, walaupun mungkin masih bayak kekurangan sana-sini.

Yah....namanya juga masih belajar membuat artikel..!

Oke mari kita fokus ke pokok konten harus memenuhi "KEBIJAKAN ADSENSE". Ini juga sangat penting buat para blogger maupun youtuber yang mengharapkan lulus verifikasi ADSENSE. Ada beberapa hal terkait dengan kebijakan ini diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Penayang maksudnya kita para pembuat konten harus mematuhi kebijakan program adsense dari google, sebab kalau "TIDAK" maka GOOGLE dapat mendiskualifikasi dan atau menonaktifkan "AKUN ADSENSE" yang tentunya  kalau sudah dinonaktifkan pastinya tidak akan bisa lagi menayangkan iklan, yang artinya sumber rupiah atau dollar yang seharusnya transit ke akun adsense menjadi ZONK.

2. Klik dan tayangan iklan tidak valid, jadi dalam kasus ini baik sebagai pembuat konten atau pemilik situs itu tidak dibenarkan "MENGKLIK TAYANGAN IKLAN SENDIRI" baik dingaja maupun tidak disengaja. 

Wesss kalau begitu gawat juga yah.....Musti Tenang mas Brooo yah..

Boleh bisa dibilang begitu adanya .... berdasarkan sumber resmi dari kebijakan program adsense ini (silahkan baca sumber resminya : https://support.google.com/adsense/answer/48182)

Jadi kalau saya pelajari dan pahami, bahwa Google ini memiliki technologi yang boleh dikatakan cukup mumpuni untuk mendeteksi segala macam upaya  tindakan yang "TIDAK LEGAL" sesuai petunjuk dan pedoman kebijakan adsense. 

Misalnya untuk mendapatlan klik tayang yang banyak dengan tujuan untuk mendapatkan dollar juga banyak dengan menggunakan cara hacks atau aplikasi BOT istilahnya, maka sebenarnya Google bisa mendeteksi mana klik tayang yang LEGAL dan mana klik tayang yang TIDAK LEGAL tadi.


Kalo di tanya mas brooo....teknologinya namanya apa donk...? 

Jadi mohon maaf untuk pertanyaan itu saya sendiri tidak bisa menjawabnya.

Alasannya karena saya bukan ahli telematika atau ahli digital komputerisasi atau apalah namanya...yah. Ini saya dapatkan dari membaca artikel tentang Adsense maupun penjelasan yang saya dapatkan dalam berbagai macam refensi bantuan Google. Dan ini terus terang saya sudah mencoba sendiri ketika awal mula mencoba mendapatkan SUBSCRIBE untuk video youtube saya menggunakan bantuan aplikasi. Tapi ternyata jumlah subscribenya bukannya permanen tapi malah menurun? dan ini nyata. Itu artinya sistem yang dimiliki oleh google untuk mendeteksi upaya ilegal ini benar adanya.

Jadi WASPADALAH ...!!! Oke lanjut yah ...

3. Pemasangan Kode Adsense, ini juga harus dperhatikan oleh para pembuat konten baik yang masih pemula maupun tentunya yang sudah master. Jadi maksudnya isi dari konten yang dibuat harus memuat konten yang userfriendly boleh dikatakan begitu. Karena Google sendiri telah melarang membuat dan memuat konten seperti :


Selengkapnya tentang konten yang dilarang silahkan baca dari sumbernya:


4. Perilaku dari situs yang menyesatkan, seperti : pesan palsu, area klik tayang yang tidak terduga, perilakuk situs yang meyesatkan, manipulasi histori browser, melakukan phising dan dan penipuan, pengalihan otomatis, pointer mouse, menggunakan malware atau situs yang tidk diinginkan atau "TIDAK LEGAL". 

Selengkapnya silahkan baca  dari sumbernya : 

5. Jadi terkait dengan masalah kebijakan program adsense ini silahkan kalian bisa baca selengkapnya di bantuan google :


Apakah anda berusia minimal 18 tahun ke atas ?

Kemudian untuk bisa mendaftarkan adsense, akun anda juga harus memenuhi syarat batasan usia minimal yaitu 18 tahun. 

Pertanyaannya : terus gimana kalau misalnya saudara saya masih dibawah umur terus punya akun website sendiri? 

Untuk menjawab itu sesuai dengan persyaratan google adsense, maka anda bisa menggunakan akun lain yang memenuhi syarat miimal tadi. Misalnya menggukanak akun email saudaranya yang telah berusia di atas 18 tahun.

Oke yah....kalau yang saya pikir clear tidak ada perdebatan lagi, karena aturannya memang demikian. Jika anda masih penasaran silahkan baca dari sumbernya : https://support.google.com/adsense/answer/14230?hl=id


Tampilan Blog sudah SEO apa belum

Sedikit banyaknya sudah dijelaskan diatas, bahwa tampilan halamman blog harus SEO.
Oke...sebelum dilanjutkan...mari diperjelas dulu apa itu SEO, apakah blog harus SEO, Pentingkah SEO itu...?

Jadi agar supaya tidak simpang siur mari perjelas dulu tetang SEO ini. 

Apa itu SEO? menurut penjelasan Google begini :

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi. Pastikan meneliti kemungkinan keuntungan serta kelemahan yang dapat ditimbulkan oleh SEO yang tidak bertanggung jawab terhadap situs Anda. Banyak SEO dan agen serta konsultan lain yang menyediakan layanan yang bermanfaat bagi pemilik situs web, meliputi:
  • Ulasan tentang konten atau struktur situs Anda
  • Saran teknis tentang pengembangan situs web: misalnya, hosting, pengalihan, halaman error, dan penggunaan JavaScript
  • Pengembangan konten
  • Manajemen kampanye pengembangan bisnis online
  • Penelitian kata kunci
  • Pelatihan SEO
  • Keahlian dalam pasar dan geografis tertentu.
Beriklan dengan Google tidak akan memengaruhi kemunculan situs Anda dalam hasil penelusuran kami. Google tidak menerima bayaran untuk menyertakan atau memberi peringkat situs dalam hasil penelusuran kami, dan tidak perlu biaya untuk muncul dalam hasil penelusuran organik kami. Referensi gratis seperti Search Consoleblog Webmaster Central resmi, dan forum diskusi kami dapat memberikan banyak informasi tentang cara mengoptimalkan situs Anda untuk penelusuran organik.

Jadi setelah membaca penjelasan sekaligus menjawab pertanyaan di atas terkait SEO, maka dapat dipahami bahwa SEO itu penting untuk eksistensi website atau situs kita di mesin pencarian terlepas anda menggunakan Google, Mozilla Fireforks, Yahoo, Bing dan mesin telusur lainnya. Jadi itu alasan pentingnya SEO dalam pembuatan konten ini.

Kemudian bagaimana dengan pembuat konten yang Kontra dengan istilah SEO ini?

Jadi sebelunya mohon maaf kalau kurang pas, begini setiap pembuat konten baik pemula atau amatir atau yang sudah profesional pasti meperhatikan yang namanya SEO, dan itu tergambarkan bagaimana ketika misalnya akan menuliskan atau memilih JUDUL atau TITLE dari blog yang akan dibuat. Terkadang harus pilih kata atau susun kata sedemikian rupa sehingga bisa muncul dalam mesin pencarian atau minimal bisa dilihat sendiri ketika blog sudah dipublikasikan.

Ya kan......bagaimana menurut anda?

Ada yang bependapat bahwa SEO itu tidak penting, yang penting hasilnya! OKE, untuk itu saya sendiri tidak bisa memaksakan karena masing-masing blogger punya pandangan atau pendapat yang berbeda. Jadi buat saya itu tidak menjadi masalah besar. 

Jadi fokusnya ke ADSENSE....

Yang terpenting saya sedang berusaha bagaimana caranya blog saya ini dapat dimonetasi atau DIVERIFIKASI...Jadi jika pembaca artikel ini punya pengalaman terkait adsense blog ini, silahkan bisa share atau bantu menyelesaikan pokok masalahnya.

Lanjutkan....ini makin seru ke inti pokok masalahnya..

Akun Adsense Blog dan akun adsense Youtube

Jadi begini sebenarnya saya ini sudah berhasil memonetisasi akun Youtube dengan nama channel Creative Feature dan memiliki akun adsense yang sudah terferivikasi bahkan sudah mulai berjalan hasil dari adsense tayangan iklannnya.

Laporan Google Adsense
Contoh Laporan Google Adsense 

Sementara itu selain adesense dari Youtube saya juga membuat sebuah blog untuk menunjang channel youtube saya ini, dan ingin mendaftarkannya ke adsense juga dengan harapan blog saya bisa menampilkan tayangan iklan sebagaimana tayangan iklan yang ada dalam video channel youtube saya ini dengan 'akun yang sama'.


Daftar Adsense Blog

Baik inilah beberapa langkah yang telah saya usahakan untuk mendaftarkan blog saya ke adsense dengan nama akun yang sama.

Pertama, seperti telah dijelaskan di atas bahwa untuk dapat mendaftarkan ke blog ke adsense, maka blog anda harus memenuhi pedoman kualitas kebijakan adsense. Untuk itu saya telah coba membuat halaman blog saya ini sesuai dengan apa yang telah dipersyaratkan. Seperti Tampilan halaman harus userfriendly dan mobil friendly.

Website Mobil Friendly
Contoh Gambar Website Mobil Friendly
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=iTdlblxvNK8

Untuk memastikan bahwa apakah halaman web blog saya telah mobil friendly, maka saya caba tes blog saya ini melalui Webmaster Central Blog dan Bing webmaster, berikut ini :

Tes Halaman Web Mobile Friendly
Web Mobile Friendly - Google Webmaster

Contoh Hasil Tes Halaman Web Mobile Friendly Bing
Web Mobile Friendly - Bing webmaster

Kemudian setelah memeriksa berbagai kemungkinan tentang syarat keberterimaan untuk adsense ini, saya juga telah coba memperbaiki beberapa pengaturan dalam halaman blog saya seperti:  

Setting Gadget untuk Adsense

Untuk dapat menayangkan iklan adsense maka blog harus diatur gadgetnya sesuai dengan rekomendasi dari adsense, seperti terlihat dalam gambar berikut ini

Cara Menambahkan Gadget Adsense
Gadget Adsense

Mengaktifkan tajuk robot.text khsusus dan Setting tag tajuk robot.text seperti terlihat dalam gambar berikut ini :


Cara Setting Tag Tajuk Robot text
Setting Tag Tajuk Robot text 

Mengaktifkan adsense blog yang sebelumnya untuk dapat mengaktifkan fitur adsense

Dari beberapa artikel yang saya baca, maka harus mengubah terlebih dahulu tampilan bahasa default dari Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris (Amerika) yang saya pilih, untuk dapat mengaktifkan logo atau fitur menu Penghasilan berbentuk "$", seperti terlihat dalam ilustrasi gambar dibawah ini.

Cara Mengaktifkan Adsense Blog
Mengaktifkan Adsense Blog

Coba menambahkan kode HTML ID iklan adsense setelah mendapatkan kode PUB iklan ke Tag Meta HTML halaman blog, seperti terlihat dalam ilustrasi gambar dibawah ini :

Cara Menempatkan Kode ID Ads Iklan
Tag Meta ID Adsense

Masalah Daftar Adsense Blog

Setelah melakukan beberapa pengaturan pada halaman blog sesuai dengan berbagai referensi di atas, maka saya coba untuk meyakini bahwa daftar adsense akan berhasil. Namun demikian usaha untuk mendaftarkan adsense blog ini telah melewati beberapa hari dan belum ada kata kunci "TERVERIFIKASI" untuk blog saya ini. 

Untuk itu beberapa masalah yang muncul dapat saya deskripsikan sebagai berikut :
1. Pertama, situs blog saya ini tidak bisa didaftarkan ke adsense dengan alasan bahwa akun blog ini telah terdaftar pada ADSENSE Youtube. Ilustrasinya seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
Langkah Cara Mendaftarkan Adsense Blog
Daftar Adsense Blog

2, Kedua, Pengaktifan status adsense dan pengaturan gadget adsense tidak berhasil setelah mendapatkan kode iklan tayang atau ID-PUB ads.
3 Saya coba berulangkali mencoba mendaftarkan adsense blog ini tetapi massagenya sama yaitu akun ini telah terhubung dengan akun adsense yang telah diverifikasi.

Akun Adsense Blog Telah Terhubung dengan Akun Adsense Youtube
Verifikasi Adsense Youtube
Situs Blog Tidak Berhasil Ditambahkan ke Adsense
Situs Blog Tidak Berhasil Ditambahkan ke Adsense

Kesimpulan

Sesuai dengan keseluruhan uraian di atas terkait masalah daftar adsense blog tidak dapat "Terverifikasi" dengan menggunakan adsense youtube ini, maka saya dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut:

Pokok Penyebab masalah Blog tidak disetujui oleh Adsense

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari berbagai sumber (mohon maaf tidak bisa disebutkan satu persatu), maka pokok permasalahan kenapa blog tidak bisa didaftarkan ke adsense melalui akun yang sama adalah karena kebijakan  Program Adsense itu sendiri yang tidak mengijinkan akun yang sama untuk mendapatkan verifikasi adsense tayangan iklan pada laman website.

Terkecuali...

Ada kecualinya yaitu harus ditingkatkan status dari Hosting atau Domainnya ( mohon maaf kalau menyebutnya kurang pas). Hal ini seperti tergambar dalam forum disksusi Q/A berikut ini :

Cara Lain Mendaftarkan Adsense Blog 

Ada cara alternatif lain yang harus saya lakukan untuk dapat mendapatkan persetujuan adsense blog ini, yaitu :

1. Mengganti akun blog yang sudah terdaftar dengan akun Gmail lainnya, sehingga akun yang digunakan tidak sama dengan akun adsense Youtube.

2. Meningkatkan status layanan Webhosting dari yang versi gratis ke versi yang terakreditasi oleh Adsense Google.

3 Jika status layanan webhosting telah ditingkatkan ke status yang lebih pro adsense, maka blog dapat didaftarkan ke adsense dengan akun yang sama yang digunakan untuk monetasi akun adsese youtube. Dan ini berarti tidak perlu maengganti akun Gmail.

Demikian deskripsi artikel saya ini tentang pokok permasalah daftar adsense blog, semoga dapat bermanfaat terutama bagi pra pemula yang mencoba untuk membuat artikel melalui blog dan ingin mendapatkan tayangan iklan di halaman websitenya

Untuk para senior atau yang sudah profesional, jika anda membaca artikel saya ini, mohon untuk bisa mengoreksi apa saja sekiraya yang masih perlu harus diperbaiki ke depan sehingga proses akreditiasi adsense blog juga tidak mengalami masalah yang berarti. 

Masukan sangat berarti buat saya atau mungkin juga para pembaca lainnya, jadi silahkan jangan ragu untuk memberikan komentar dan masukan yang bermanfaat.

Terima kasih saya sampaikan, karena terus terang ini masih belajar menulis artikel jadi mungkin susunan kata per kata atau kalimat perkalimat atau susunan paragrafnya kurang Es-Eo lah gitu istilahnya.

Sekali Lagi Thanks and see You .....next my article. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor