Artikel Populer

Cara Aman Melepas dan Memasang Bearing atau Klaher Pompa Air

Cara Melepas Bearing atau Klaher Pompa Air
Cara Melepas Bearing atau Klaher

Cara yang aman untuk melepas Bearing yaitu dengan menggunakan Tracker, dan Cara untuk memasang yang aman juga perlu trick sendiri agar bearing tidak rusak pada saat pemasangan. Baca artikel dan lihat videonya disini.


Bearing atau Klaher Mesin Pompa Air

Salah satu bagian penting dari mesin pompa air apapun mereknya seperti SANYO, NATIONAL, SHIMIZU, SEMI JET PUMP, JET PUMP adalah Bearing atau lebih sering disebut dengan KLAHER. Klaher ini selain untuk dudukan rotor mesin pompa juga sebagai AS putaran mesin.

Cara Ganti Bearing Pompa Air
Bearing atau Klaher Pompa Air

Jadi ketika Bearing ini sudah mulai rusak tentu akan mengganggu kinerja mesin itu sendiri, seperti misalnya suara mesin menjadi kasar dan berisik, daya sedot atau daya hisap juga melemah, mesin cepat panas dan pada akhirnya mesin juga menjadi rusak.

Cara Aman Melepas Bearing atau Klaher Pompa Air 

Seperti dalam uraian diatas, yang mana jika bearing rusak maka perlu segera diganti dengan yang baru.

Cara Yang Aman Melepas Bearing atau Klaher Mesin Pompa Air
Cara Aman Melepas Bearing Pompa Air

Nah sebelum diganti tentu bearing yang rusak harus dilepas terlebih dahulu. Perlu diperhatikan terkadang ketika membuka bearing atau memasangnya asal ketok yang tentunya bisa merusak bagian dari AS atau bearing itu sendiri.
Agar supaya aman ketika melepas bearing, maka saya gunakan TRACKER dengan dua lengan catok/pengait. Caranya yaitu seperti terlihat dalam video di atas dan gambar di bawah. 


Cara Lepas Klaher dengan Tracker yaitu 
1. Pertama-tama atur posisi as ulir tracker terhadap posisi yang pas untuk buka klaher. Kemudian tempatkan lengan penjepit tracker pada kedua sisi bearing.
2. Kencangkan As Ulir Tracker bisa menggunakan kunci pas atau kunci shock yang sesuai sampai bearing terlepas dengan sendirinya.

Cara Aman Memasang Bearing atau Klaher Pompa Air

Setelah kedua bearing dilepas, langkah selanjutnya adalah memasang bearing yang baru dan kali ini saya gunakan merek KOYO 6200 CM.

Cara Mengganti Bearing atau Klaher Pompa Air
Cara Aman Pasang Bearing Mesin Pompa Air

Untuk menghindari kerusakan pada saat memasang, maka saya oleskan terlebih dahulu grease atau stempet pada kedua sisi bearing yang tujuannya selain agar lebih halus putarannya juga agar bearing lebih awet dalam umur pemakaiannya. 
Saya gunakan kunci untuk membuka busi, balok kayu dan palu untuk memasang bearing. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini, maka yang pelu diperhatikan adalah memastikan bearing tidak cacat atau rusak pada saat diketok atau dimasukkan dan posisi bearing Fix sesuai dengan posisi pembatas ring pengunci yang ada pada rotor mesin pompa.

Setelah kedua bearing terpasang dengan baik, cek putaran bearing untuk memastikan bahwa bearing terpasangvdengan baik dan fix serta putarannya juga smooth.

Dari saya itu saja penjelasan tentang cara melepas dan  memasang bearing untuk mesin pompa air. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih atas perhatiannya.

Silahkan Baca Artikel DIY KRENOVAKU lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor