Artikel Populer

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus


Pompa Air milik Anda BERMASALAH? Seperti bunyi kasar, suara pompa air kasar, pompa air berisik, Sanyo bunyi keras, Sanyo bunyi kasar, Suara Jet Pump berisik, Mesin Jet Pump Berisik, pompa air airnya kecil atau daya hisap pompa air Sanyo Atau Jet Pump kurang kencang? Baca dan tonton videonya untuk lebih memahami uraian artikel ini sampai selesai.

MASALAH POMPA AIR SANYO dan JET PUMP

Baik sebelum pada pokok bahasan tentang "Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus", ada baiknya kita coba identifikasi masalah umum yang sering dialami oleh kebanyakan dalam penggunaan Pompa Air terlepas dari jenis dan mereknya, diantaranya adalah :
  • Pompa air bunyi kasar
  • Suara pompa air kasar dan berisik
  • Pompa air berisik
  • Suara pompa air berisik
  • Sanyo suara keras dan kasar
  • Mesin Jet Pump berisik
  • Mesin Sanyo berisik
  • Pompa Sanyo airnya kecil
  • Jet Pump airnya Kecil
  • Daya hisap pompa air kecil atau kurang kencang
  • Dan lainnya.

Nah sekarang setelah mengidentifikasi masalah umum pada mesin pompa air, maka pertanyaannya adalah kira_kira apa kemungkinan penyebabnya dan bagaimana cara memperbaiki pompa air?

Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa salah satu kebutuhan untuk kehidupan manusia adalah air. Air sangat penting untuk kita semua tidak hanya digunaian untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti untuk konsumsi air minum sehari-hari juga untuk kebutuhan yang lain seperti untuk mencuci, mandi, pengairan sawah atau irigasi dan lain sebagainya. 

Demikian pula dengan yang namanya mesin pompa air yang digunakan untuk menyedot air dari dalam tanah. Jadi pompa air ini juga sangat penting peranannya bukan hanya untuk saya tetapi juga anda sekalian dan makhluk hidup lainnya. 


Banyak merek, type dan jenis pompa air dipasaran. Seperti yang umum digunakan di oleh rumah tangga yaitu pompa air merek SANYO, pompa iar merek NATIONAL, pompa air merek SHIMIZU, pompa air SEMI JET PUMP maupun pompa air JET PUMP.

Nah...sekarang masalahnya bagaimana jika pompa air anda juga mengalami masalah kerusakan seperti misalnya pompa air mati atau macet, pompa air tidak keluar air, suara pompa air kasar dan berisik, pompa air terbakar dan lain sebagainya. Apalagi jika kejadiannya pas lagi musim kemarau atau lagi susah-susahnya mencari air. Mungkin masalahnya akan menjadi sangat urgen untuk bisa diperbaiki.

Sebelum melanjutkan ke pokok bahasan tentang Penyebab Masalah pada Pompa Air Sanyo dan Jet Pump,  bagi kalian yang ingin membuat BLOG atau WEBSITE atau sudah punya BLOG tapi masih GRATISAN, anda bisa mendaftar di NIAGAHOSTER.

Berikut LINK tautannya :

Penyebab Masalah Pompa Air SANYO dan JET PUMP

Penyebab Mesin Air Bunyi Kasar

Mesin pompa air dengan suara kasar dan berisik tentu akan mengganggu tidak hanya sebagai pemilik atau tetangga anda, namun kinerja dari pompa itu sendiri pastinya akan mengalami penurunan performanya (daya hisap atau daya angkat pompa untuk menyedot air) dengan baik.

Untuk itu saya coba lakukan analisa sederhana untuk mencari tahu sumber dari penyebab masalah suara berisik tersebut.

Kemungkinan penyebab masalah Pompa Air Berisik atau bunyi kasar terutama pada pompa air merek Sanyo seperti pada kasus saya ini adalah kondisi LAHER atau BEARING pompa air sudah Aus atau kondisinya sudah longgar atau goyang. Kemungkinan lain posisi Blade atau Baling-baling pompa Air juga sudah aus sehingga ketika mesin berputar pada kecepatan normal, Blade akan bergesekan dengan dinding tutup body mesin pompa.

Hal ini saya ketahui setelah bongkar dan melepas Bearing pada rotor mesin pompa air ( silahkan bisa dilihat pada tanyangan video).

Penyebab Pompa Air Suara Kasar dan Berisik - Bearing Pompa Air Aus
Bearing Pompa Air Aus Penyebab Berisik 

Penyebab Jet Pump Berisik

Sedangkan penyebab pompa air Jet Pump berisik atau bunyi kasar juga kemungkinannya sama yaitu pada masalah Bearing sudah Aus atau longgar. Kemungkinan lain juga bisa disebabkan rumah dudukan Bearing pada tutup mesin sydah aus atau longgar atau bisa juga AS pada rotor mesin juga Aus walaupun mungkin kasusnya jarang terjadi atau mungkin tidak ada.

Penyebab Daya Hisap Pompa Air Kurang Kencang atau Kurang Kuat

Nah sekarang setelah mengetahui kemungkinan penyebab pada mesin pompa air kasar dan atau berisik, maka sebenarnya hal ini juga dapat mempengaruhi kerja dari putaran mesin pompa air itu sendiri, yan berarti akan mempengaruhi daya hisap pompa air. 

Faktor lain juga bisa disebabkan oleh seal yang bocor, kebocoran oada sambungan pipa hisap, tersumbatnya bagian ujung pipa hisap (bagian klep hisap, atau kondisi mesin yang memang sudah lemah.

Faktor yang lainnya bisa kemungkinan disebabkan oleh kedalaman lubang pengeboran lebih besar dari spesifikasi mesin yang digunakan. Misalnya kedalaman lubang hisap 12m, tetapi yang pipa hisap yang ditanam 20m, maka otomatis beban kerja mesin akan menjadi berat.

Cara Memperbaiki Pompa Air Suara Kasar dan Berisik

Untuk memperbaiki pompa air dengan masalah suara mesin kasar dan berisik  juga daya hisap atau daya angkatnya kurang kuat, maka beberapa point penting yang saya coba fakus lakukan adalah sebagai berikut :

1. Ganti Bearing atau Klaher pompa air dengan yang Baru
2. Ganti Seal Karet pompa air
3. Memastikan pemasangan kipas dan pompa air terpasang dengan baik (menggunakan lem packing agar tidak merembes atau bocor)
3. Tes suara mesin  setelah selasai perakitan dan cek daya hisap pompa dengan cara manual sebelum dipasang pada titik sumber air
4. Pada saat pasangan pompa air ke sumber air, saya memastikan bahwa sambungan pipa ke lubang hisap pompa benar-benar rapat atau tidak bocor.
5. TES dan Alhamdulillah...akhirnya berhasil juga perbaiki masalah pompa air ini. 

Hasil akhir setelah ganti Bearing dan seal karet pompa, selain suara mesin pompanya menjadi lebih halus juga sedotan airnya menurut saya cukup kencang, sekalipun masih dalam kondisi musim kemarau. Dan jika musim hujan mungkin akan lebih kencang lagi tarikan airnya. 


Demikian penjelasan saya terkait perbaikan masalah suara berisik pada pompa air SANYO saya ini.

Terima kasih atas perhatiannya dan semoga bermanfaat.

Silahkan Baca Artikel DIY KRENOVAKU lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor