Artikel Populer

Cara Memilih Mata Bor Hole Saw Untuk Pipa Stainless Steel

Hole Saw Steel vs Hole Saw TCT Untuk Pipa Stainless Steel
Hole Saw Steel vs Hole Saw TCT Untuk Pipa Stainless Steel

Tips Cara Memilih Mata Bor Hole Saw Untuk Pipa Stainless Steel. Jadi jangan salah beli mata bor untuk Stainless, Saya sudah buktikan sendiri dengan perbedaan kedua jenis Hole saw ini.

Hole Saw Stainless Steel


Jenis atau type Hole Saw untuk mengebor pipa Stainless Steel tidaklah sama dengan yang digunakan untuk mengebor pipa besi. Untuk itu ketahui cara memilih mata bor hole Saw yang tepat untuk Stainless Steel 301.

Cara Memilih Mata Bor Hole Saw Yang Bagus Untuk Pipa Stainless Steel

Pipa Stainless Steel dan Pipa Besi

Penting untuk diketahui bahwa pipa besi dan pipa stainless steel yang umum diperjual belikan di pasaran memiliki karakteristik material yang berbeda.

Pipa Stainless steel memiliki karakteristik yang lebih keras dari pada pipa besi pada umumnya. Pipa Stainless steel ini ada beberapa jenis dan ukuran tetapi yang paling umum banyak digunakan adalah Stainless Steel SS 301, SS 201 dan SS 202.

Perbedaan Karakteristik Pipa Stainless Steel SS301 dan SS201

Tabel Karakteristik Unsur Paduan Material Stainless Steel
Tabel Karakteristik Stainless Steel

Seperti terlihat dalam tabel di atas, perbedaan kedua jenis stainless  steel tersebut adalah ada pada beberapa unsur seperti Silicone, Mangan, Phosphor, Sulfur, Chromium, dan Nikel.

Pipa Stainless Steel pada umumnya miliki karakterisrik tahan terhadap korosi dan memiliki lapisan luar yang mengkilat, namun memiliki kekerasan material yang berbeda sesuai dengan kandungan unsur seperti Mangan (Mn%), Chromium (Cr%), dan Nickel (Ni%).

Pipa Stainless steel SS201 SUS 201 secara umum lebih keras dari Stainless Steel SS 301 atau SUS 301, karena material SS201 mimiliki kandungan Mangan 7,5 - 10 %, Chromium 15,0 - 17,0 %, dan Nickel 1,0 - 1,90%. Sedangkan material SS301 memiliki kandungan Mangan lebih besar dari 10 %, Chromium lebih besar sedikit antara 16,0 - 18,0 %, dan Nickel 6,0 - 8,0%. 

Besar kecilnya unsur material yang ada pada masing jenis atau grade Stainless steel ini akan mempengaruhi juga tentang bagaimana dalam proses pengerjaan material seperti halnya dengan Proses pembuatan lubang atau pengeboran.

Untuk itu dalam proses pengeboran pada material pipa stainless SS 201 ini juga harus cermat dalam menggunakan mata Bor atau Hole Saw, karena secara spesifik pengeboran pada material stainless lebih keras dari pada material besi.

Perbedaan Mata Bor Hole Saw Steel dan Hole Saw TCT

Hole Saw Steel memiliki jumlah mata potong atau Teeth lebih banyak dan biasanya terbuat dari bahan besi baja tinggi atau HSS. Ukuran dan merek hole saw juga banyak ragamnya. Sebagai contoh saya gunakan Hole Saw Diameter 20mm merek SOLID seperti terlihat pada gambar berikut ini :

Hole Saw Steel Dia. 20mm merek SOLID
Hole Saw Steel Dia. 20mm merek SOLID

Sedangkan Hole Saw TCT atau TUNGCENT CARBIDE TIPPED ini memiliki mata potong dari bahan khusus berjumlah 4 buah mata pisau potong dan secara umum cukup bagus  (lebih tajam) untuk mengebor pipa stainless steel.

Hole Saw TCT Dia. 20mm Merek KUGEL bagus untuk Bor Pipa Stainless
Hole Saw TCT Dia. 20mm Merek KUGEL

Untuk Mengetahui dan membuktikan mana yangblebih baik, jika anda akan mengebor pipa stainless steel misalnya diameter lubang 20mm, apakah menggunakan Hole Saw Steel merek SOLID atau menggunakan Hole Saw TCT merek KUGEL?

Jika anda menonton video berikut, maka anda akan tahu dan mengerti perbedaan penggunaan hole saw untuk bor pipa stainless.



Kesimpulan :
1. Material Pipa Stainless Steel SS 201 lebih keras dari material SS301 dan  pipa besi
2. Hole Saw Steel dia. 20mm merek SOLID menurut saya tidak cocok untuk mengebor pada pipa Stainless steel. Mata potong lebih mudah panas dan tumpul, tetapi mata bor penuntun lebih baik dari oada yang type TCT.
3. Hole Saw TCT dia. 20mm merek KUGEL lebih cocok dan lebih baik untuk mengebor pipa stainless steel, tetapi mata bor penuntun lebih mudah panas dan tumpul.

Silahkan Baca Artikel DIY KRENOVAKU lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor