Artikel Populer

Panduan Pencegahan dari Penyebaran Coronavirus 2019 (COVID-19) untuk Rumah Tangga

Coronavirus Diases 2019 (COVID-19)
COVID-19

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pandemi virus corona COVID-19, berikut ini adalah beberapa panduan untuk perlindungan dan pencegahan penyebaran coronavirus di lingkungan rumah tangga dan masyarakat pada umumnya.

Panduan ini mengacu pada Pedoman "Disinfeksi Detail sementara"  yang dikeluarkam oleh Center for Desease Control and Prevention - Corona Virus Desease 2019 (COVID-19)
 dan ditujukan untuk Rumah Tangga di Amerika Serikat.

Namun demikian saya berfikir panduan ini juga bisa diterapkan dilingkungan masyarakat baik yang diindikasikan telah tercemar virus corona maupun masyarakat yang belum terindikasi pencemaran virus corona terutama untuk masyarakat Indonesia dan masyarakat Global pada umumnya.

Baca juga : Cara Menormalkan Layar Laptop Yang Mengecil

Panduan Pencegahan dari Penyebaran Coronavirus 2019 (COVID-19) untuk Rumah Tangga

  1. Latar Belakang
  2. Tujuan
  3. Rekomendasi umum untuk pembersihan rutin dan disinfeksi rumah tangga
  4. Rekomendasi umum untuk pembersihan dan disinfeksi rumah tangga dengan orang-orang yang terisolasi dalam perawatan di rumah ( Misalnya diduga atau dikonfirmasi memiliki COVID-19)
  5. Cara membersihkan dan mendisinfeksi
  6. Kebersihan tangan dan tindakan pencegahan lainnya.


Latar Belakang

Ada banyak yang harus dipelajari tentang coronavirus novel yang menyebabkan penyakit coronavirus 2019 (COVID-19).

Berdasarkan apa yang saat ini diketahui tentang coronavirus novel dan coronavirus serupa yang menyebabkan SARS dan MERS, menyebar dari orang ke orang dengan virus ini paling sering terjadi di antara kontak dekat (dalam jarak sekitar 6 kaki).

Jenis penularan ini terjadi melalui tetesan pernapasan. Di sisi lain, penularan coronavirus baru kepada orang-orang dari permukaan yang terkontaminasi virus belum didokumentasikan.

Penularan coronavirus lebih sering terjadi melalui tetesan pernapasan daripada melalui fomites. Bukti saat ini menunjukkan bahwa coronavirus baru dapat bertahan selama berjam-jam pada permukaan yang terbuat dari berbagai bahan.

Pembersihan permukaan yang tampak kotor diikuti oleh desinfeksi adalah tindakan praktik terbaik untuk pencegahan COVID-19 dan penyakit pernapasan virus lainnya di rumah tangga dan masyarakat.

Baca juga : Cara Menampilkan dan Menghilangkan Tanda Layar Sentuh Oppo A37f

Tujuan

Panduan ini memberikan rekomendasi tentang pembersihan dan disinfeksi rumah tangga di mana orang-orang yang sedang diselidiki (PUI)  atau mereka yang memiliki COVID-19 yang dikonfirmasi tinggal atau mungkin berada dalam isolasi sendiri. Ini bertujuan membatasi kelangsungan hidup virus di lingkungan. Rekomendasi ini akan diperbarui jika informasi tambahan tersedia.

Pedoman ini difokuskan pada pengaturan rumah tangga dan dimaksudkan untuk masyarakat umum.

Pembersihan : mengacu pada penghapusan kuman, kotoran, dan kotoran dari permukaan. Membersihkan tidak membunuh kuman, tetapi dengan menghilangkannya, menurunkan jumlah dan risiko penyebaran infeksi.
Disinfeksi : mengacu pada penggunaan bahan kimia untuk membunuh kuman di permukaan. Proses ini tidak serta merta membersihkan permukaan yang kotor atau menghilangkan kuman, tetapi dengan membunuh kuman di permukaan setelah dibersihkan, hal ini dapat semakin menurunkan risiko penyebaran infeksi.

Rekomendasi Umum untuk Pembersihan Rutin dan Disinfeksi Rumah Tangga


Anggota masyarakat dapat melakukan pembersihan rutin permukaan yang sering disentuh (misalnya: meja, gagang pintu, sakelar, pegangan, meja, toilet, keran, wastafel) dengan pembersih rumah tangga dan desinfektan terdaftar EPA yang sesuai untuk permukaan, mengikuti instruksi label.

Label berisi instruksi untuk penggunaan yang aman dan efektif dari produk pembersih termasuk tindakan pencegahan yang harus Anda ambil ketika menerapkan produk, seperti mengenakan sarung tangan dan memastikan Anda memiliki ventilasi yang baik selama penggunaan produk.

Rekomendasi Umum untuk Pembersihan dan Disinfeksi Rumah Tangga dengan Orang-Orang yang Terisolasi dalam Perawatan di Rumah (misalnya Diduga / Dikonfirmasi memiliki COVID-19)

  • Anggota rumah tangga harus mendidik diri mereka sendiri tentang gejala COVID-19 dan mencegah penyebaran COVID-19 di rumah.
  • Bersihkan dan desinfeksi permukaan sentuhan tinggi setiap hari di area umum rumah tangga (mis. Meja, kursi bersandaran keras, gagang pintu, sakelar lampu, remote, gagang, meja, toilet, wastafel)
  • Di kamar tidur / kamar mandi yang didedikasikan untuk orang sakit: pertimbangkan mengurangi frekuensi pembersihan sesuai kebutuhan (misalnya, benda dan permukaan yang kotor) untuk menghindari kontak yang tidak perlu dengan orang yang sakit.
  • Sebisa mungkin, orang yang sakit harus tinggal di ruangan khusus dan jauh dari orang lain di rumah mereka, mengikuti panduan perawatan di rumah .
  • Pengasuh atau pembantu rumah tangga dapat menyediakan persediaan pembersih pribadi untuk kamar dan kamar mandi orang yang sakit, kecuali jika ruangan tersebut ditempati oleh anak atau orang lain yang untuknya persediaan tersebut tidak sesuai. 
  • Persediaan ini mencakup tisu, handuk kertas, pembersih, dan desinfektan terdaftar EPA (contoh di tautan pdf ini)ikon eksternal).
  • Jika kamar mandi terpisah tidak tersedia, kamar mandi harus dibersihkan dan didesinfeksi setelah digunakan oleh orang yang sakit. Jika ini tidak memungkinkan, pengasuh harus menunggu selama praktis setelah digunakan oleh orang yang sakit untuk membersihkan dan mendisinfeksi permukaan sentuhan tinggi.
  • Anggota rumah tangga harus mengikuti panduan perawatan di rumah  ketika berinteraksi dengan orang-orang yang dicurigai / dikonfirmasi COVID-19 dan kamar / kamar mandi isolasi mereka.


    Cara membersihkan dan mendisinfeksi:

    Permukaan

    • Kenakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan. Sarung tangan harus dibuang setelah setiap pembersihan. 
    • Jika sarung tangan yang dapat digunakan kembali digunakan, sarung tangan tersebut harus didedikasikan untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan COVID-19 dan tidak boleh digunakan untuk tujuan lain. 
    • Konsultasikan instruksi pabrik untuk membersihkan dan mendesinfeksi produk yang digunakan. Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas.
    • Jika permukaannya kotor, mereka harus dibersihkan menggunakan deterjen atau sabun dan air sebelum desinfeksi.
    • Untuk desinfeksi, larutan pemutih rumah tangga yang diencerkan, larutan alkohol dengan setidaknya 70% alkohol, dan disinfektan rumah tangga terdaftar EPA yang paling umum harus efektif.
    • Solusi pemutih rumah tangga encer dapat digunakan jika sesuai untuk permukaan. Ikuti instruksi pabrik untuk aplikasi dan ventilasi yang tepat. Periksa untuk memastikan produk tidak melewati tanggal kedaluwarsa. 
    • PERHATIAN! Jangan sekali-kali mencampur pemutih rumah tangga dengan amonia atau pembersih lainnya. 
    • Pemutih rumah tangga yang tidak kadaluwarsa akan efektif melawan virus corona bila diencerkan dengan benar.
    • Siapkan larutan pemutih dengan mencampurkan:
    • 5 sendok makan (1/3 rd cup) pemutih per gallon air atau
    • 4 sendok teh pemutih per liter air
    • Produk dengan ikon klaim patogen virus yang muncul yang disetujui EPA pdfikon eksternaldiharapkan efektif terhadap COVID-19 berdasarkan data untuk virus yang lebih sulit untuk dibunuh. Ikuti petunjuk pabrik untuk semua produk pembersih dan desinfeksi (mis., Konsentrasi, metode aplikasi dan waktu kontak, dll.).
    • Untuk permukaan lunak (keropos) seperti lantai berkarpet, permadani, dan gorden, singkirkan kontaminasi yang terlihat jika ada dan bersihkan dengan pembersih yang sesuai yang diindikasikan untuk digunakan pada permukaan ini. 

    Setelah dibersihkan:

    • Mencuci barang sesuai dengan instruksi pabrikan. Jika memungkinkan, cucilah barang-barang dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat untuk barang-barang dan barang-barang kering sepenuhnya, atau
    • Gunakan produk dengan klaim patogen virus yang muncul yang disetujui EPA (contoh di tautan ini ikon pdfikon eksternal) yang cocok untuk permukaan berpori.
    • Jika menggunakan sarung tangan yang dapat digunakan kembali, sarung tangan tersebut harus didedikasikan untuk membersihkan dan mendesinfeksi permukaan COVID-19 dan tidak boleh digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya. 
    • Bersihkan tangan segera setelah sarung tangan dilepas.
    • Jika tidak ada sarung tangan yang digunakan saat menangani cucian kotor, pastikan untuk mencuci tangan sesudahnya.
    • Jika memungkinkan, jangan kocok cucian kotor. Ini akan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara.
    • Mencuci barang sesuai dengan instruksi pabrikan. Jika memungkinkan, cucilah benda-benda dengan menggunakan pengaturan air yang paling hangat dan tepat untuk barang-barang tersebut dan keringkan sepenuhnya. Binatu kotor dari orang sakit dapat dicuci dengan barang orang lain.
    • Membersihkan dan mendisinfeksi pakaian menghambat sesuai dengan panduan di atas untuk permukaan. Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menempatkan liner tas yang dapat dibuang (dapat dibuang) atau dicuci.

    Kebersihan tangan dan tindakan pencegahan lainnya

    • Anggota rumah tangga harus  sering membersihkan tangan , termasuk segera setelah melepas sarung tangan dan setelah kontak dengan orang yang sakit, dengan mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia dan tangan tidak tampak kotor, pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60% alkohol dapat digunakan. Namun, jika tangan tampak kotor, selalu cuci tangan dengan sabun dan air.
    • Anggota rumah tangga harus mengikuti tindakan pencegahan normal saat bekerja dan di rumah termasuk kebersihan tangan yang direkomendasikan dan menghindari sentuhan mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci.

      Waktu kunci tambahan untuk membersihkan tangan meliputi:

      • Setelah meniup hidung, batuk, atau bersin
      • Setelah menggunakan kamar kecil
      • Sebelum makan atau menyiapkan makanan
      • Setelah kontak dengan hewan atau hewan peliharaan
      • Sebelum dan sesudah memberikan perawatan rutin untuk orang lain yang membutuhkan bantuan (misalnya seorang anak)

        Pertimbangan lainnya Terhadap Pencegahan COVID-19

        • Orang yang sakit harus makan / diberi makan di kamar mereka jika memungkinkan. Barang-barang layanan makanan non-sekali pakai yang digunakan harus ditangani dengan sarung tangan dan dicuci dengan air panas atau dalam mesin cuci piring. 
        • Bersihkan tangan  setelah memegang item layanan makanan bekas.
        • Jika mungkin, persembahkan tempat sampah berjajar untuk orang sakit. Gunakan sarung tangan saat mengeluarkan kantong sampah, penanganan, dan pembuangan sampah. Cuci tangan  setelah memegang atau membuang sampah.
        • Pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan departemen kesehatan setempat tentang pedoman pembuangan sampah jika tersedia.

          Sumber : Center for Desease Control and Prevention - Corona Virus Desease 2019 (COVID-19)

          Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan. Waspada dan proteksi diri anda, keluarga,cserts lingkungan sekitar anda dari pandemi penyebaran Virus Corona COVID-19.

          Statistik Penyebaran virus Corona COVID-19 di Indonesia per 27 Maret 2020
          Statistik Penyebaran COVID-19

          Data Kasus COVID-19 di Indonesia dan Global per 28 Maret 2020
          Data Kasus COVID-19

          PESAN 


          Lakukan pencegahan, update informasi dan ikuti himbauan dari pemerintah sebagai bentuk kepedulian terhadap penyebaran PANDEMI COVID-19 ini di Indonesia yang terus miningkat.  Lihat data di atas.

          Salam,

          Tag : #coronavirus, #viruscorona, #covid-19, #dirumahaja, #stayhome

          Komentar

          Postingan populer dari blog ini

          Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

          Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

          Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

          Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

          Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor