Artikel Populer

Cara Membuat dan Merangkai Lampu LED Flip Flop AC 220 Volt

Led Flip Flop, Led Flasher, AC 220V Led Flip Flop

Belajar elekronik memang menyenangkan terlebih apabila berhasil membuat prototype seperti membuat dan merangkai lampu LED Flip Flop ini.

Belajar Dasar Elektronik dan Kelistrikan

Seperti telah saya sampaikan di atas bahwa sebagai pemula belajar elektronik dan kelistrikan itu kalau kita bisa fokus ternyata bisa menyenangkan, walaupun tentu tidaklah mudah.

Untuk itu untuk memulai dan mempraktekkan tentang elektronik ini, Saya mencoba dari yang sekiranya mudah dipelajari, mudah dipelajari, mudah mencari bahan atau komponen elektronik yang diperlukan, maka saya coba untuk membuat lampu led flip flop. 

Sebenarnya lampu flip flop itu sederhananya adalah lampu yang menyala secara bergantian dalam waktu singkat.

Nah sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara kerja lampu flip flop ini? Bagaimana cara membuat wiring diagram atau skema diagram lampu flip flop ini? Bagaimana cara merangkai lampu flip flop ini? Untuk itu saya mencoba untuk menjelaskan sesuai dengan pengalaman dalam membuat lampu flip flop ini.

Lampu LED Flip Flop

Sebelum masuk pada hal yang lebih detail, secara umum lampu flip flop banyak diaplikasikan seperti pada lampu sirene Ambulance, Lampu Patroli, Lampu Emergency, dan lainnya.

Kemudian cara kerja dari lampu flip flop ini sebetulnya ada beberapa type atau model, seperti diantaranya adalah bekerja pada tegangan AC atau Tegangan DC, Komponen utama untuk membuat lampu Flip Flop, dan lainnya.

Sebagai pemula tentu saya akan membatasi dalam menjelaskan tentang pembuatan lampu flip flop ini sesuai dengan kadar pengetahuan, dan pengalaman. Jadi bagi yang sudah senior atau master tentang elektronik dan kelistrikan, Saya berharap bisa memberikan koreksi, masukan yang lebih bermanfaat. Mungkin saja dalam artikel ini ada hal yang kurang pas atau sesuai mohon untuk bisa dikoreksi.

Baik sekarang akan saya jelaskan tahapan pembuatan Lampu Led Flip Flop AC 220V ini.

Diagram Skematik Led Flip Flop

Untuk membuat prototype ini saya mencoba membuat sketch diagram skematik sederhana yang sekirannya mudah buat saya untuk mempraktekannya.

Wiring Diagram Led Flip Flop AC 220 Volt, AC 220 Volt Led Flip Flop Wiring Diagram

Seperti terlihat pada gambar skematik sederhana di atas, terlihat susunan  rangkaian komponen elektronik untuk pembuatan lampu flip-flop ini, alur kerja atau cara kerja dari rangkaian elektronik sederhana ini.

Anda akan melihat bahwa Output dari Led Flip flop ini adalah AC 220 Volt yang artinya bahwa untuk menyalakan leds flip flop ini bisa langsung dihubungkan ke sumber tegangan dari PLN. Jadi keluarannya bukan DC ya.

Komponen Led Flip Flop AC 220V

Bahan yang diperlukan ini banyak tersedia dan mudah untuk mencarinya di toko elektronik terdekat, diantaranya adalah :
  1. Kapasitor 16V 470 Micro Farad = 1 buah
  2. Kapasitor 25V 470 Micro Farad = 1 buah
  3. Transistor BC547 = 2 buah
  4. Resistor ukuran 130 Kilo Ohm = 2 buah
  5. Led warna Hijau (optional warnanya) = 1 buah
  6. Led warna Merah (optional warnanya) = 2 buah
  7. Diode N4007 = 1 buah
  8. Lain-lain seperti Solder


Cara Merangkai atau Merakit Lampu Led Flip Flop AC 220V

  1. Hubungkan atau solder masing-masing kedua kaki ( - ) Kapasitor ukuran 16V dan 25V 470 Micro Farad,
  2. Hubungkan masing masing kaki ( + ) Kapasitor ke Kaki Emitor ( E ) dari Transistor BC547,
  3. Kemudian hubungkan kedua Resistor secara Seri yang mana nantinya ujung kedua kaki resistor itu dihubungkan ke masing-masing kaki Emitor ( E ) Transistor. Sampai disini tahapan merangkai komponen utama bisa dikatakan selesai 80%,
  4. Oke sekarang dilanjutkan dengan menghubungkan kaki Collector ( C ) transistor BC547 ke masing-masing kaki positif  ( + ) LEDS. Jangan sampai terbalik ya!
  5. Kemudian langkah selanjutnya adalah menghubungkan kedua kaki Negatif ( - ) LEDS Merah dan Hijau,
  6. Setelah kaki Negatif Leds ini terhubung, selanjutnya pasang Diode N4007 yang berfungsi untuk merubah arus AC (arus bilak balik)yang masuk dari PLN menjadi Arus DC (arus searah). Perhatikan pada saat pemasangan Diode ini jangan sampai terbalik antara kaki KATODA( - ) dan kaki ANODA ( + ). Hubungkan kaki POSITIF (ANODA) ke kaku Negatif LEDS dan kaki Negatif Kapasitor seperti terlihat pada gambar skematik di atas. Sampai tahapan ini proses merangkai komponen selesai.
  7. Tahap Akhir yaitu melakukan tes NYALA DENGAN FLIP FLOP atau TIDAK rangkaian yang telah selesai di rakit. Seperti terlihat pada skema diagram di atas, kaki NEGATIF (ANODA) sebagai output NEGATIF. Sedangkan kaki yang terhubung diantara kedua kaki RESISTOR adalah sebagai Output POSITIF. Hubungkan kedua kaki terminal ini ke sumber tegangan AC 220V (Colokan listrik PLN) yang sebelumnya bisa dibuatkan kabel penghubung terlebih dahulu agar safety. Jika LEDS MENYALA SECARA BERGANTIAN, maka itu artinya BERHASIL. Jika tidak menyala itu artinya ada rangkaian komponen yang salah pasang atau spesifikasi komponen yang digunakan tidak sesuai dengan bahan yang telah saya uraikan di atas.
  8. SELESAI
Jika anda masih sedikit bingung atau penasaran, silahkan bisa lihat video berikut. 


Kesimpulan :

  1. Belajar elektronik dan kelistrikan itu menyenangkan jika dilakukan dengan fokus dan dipraktekkan
  2. Belajar Membuat diagram skematic dan memahami cara kerja komponen, cara kerja rangkaian, ini bagian penting dari suatu produk elektronik.
  3. Berhasik membuat LED FLIP FLOP AC 220V buat saya merupakan langkah awak untuk terus belajar tentang elektronik dan kelistrikan sesuai dengan kapasitas, referensi, bakat dan minat.
  4. Anda juga bisa membuat dan memodifikasi rangkaian ini sesuai dengan dasar ilmu pengetahuan, dan pengalaman yang anda miliki.
  5. Saran dan kritik tang membangun tentu akan saya harapkan untuk bisa lebih memahami lagi tentang ekektronik, ya minimal bisa cek mana kabel atau komponen yang SHORT, bisa mengukur komponen dasar dalam elrktronik.  
Saya sampaikan Terima Kasih yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini dan semoga BERMANFAAT.

Silahkan baca artikel lainnya :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Gerobak Motor Es Tebu Terbaru

Cara Membuat Kompresor Angin dari Kompresor AC Mobil Bekas

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Motor