Cara Perbaiki Alamat URL Postingan Blog Tidak Sesuai Dengan Judul Blog

 

alamat URL blog tidak sesuai

Begini ternyata cara perbaiki alamat URL postingan blog yang tidak sesuai dengan judul blog. Jadi seringkali setelah membuat dan mempublikasikan salah satu blog kemudian ada perbaikan judul atau salah satu judul blog terlalu panjang sehingga alamat tautan link URL yang muncul itu terpotong atau tidak sesuai dengan judul artikel yang diterbitkan. 

Judul Postingan Blog

Idealnya memang judul blog itu ditulis sesingkat mungkin dan berisikan kata kunci sesuai dengan isi materi yang ditulis atau dibuat agar lebih user firendly bagi penelusuruan Google dan inilah sebenarnya kunci dari apa yang sering kita dengar dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Lalu bagaimana dengan judul yang panjang? apakah tidak diperbolehkan dalam penulisan blogging? atau apakah judul blog yang panjang itu tidak SEO?

Tentu jawabannya menurut saya itu sangat Relatif, karena apa yang saya pahami bahwa ketika menulis sebuah artikel pada dasarnya harus fokus pada tema dan kata kunci yang saling mendukung dalam alur cerita yang kita tulis. Begitu kan? Buat yang masih awam seperti saya, ya akan mengatakan kurang lebih begitu. Oke..

Seringkali sebagai publisher konten blog tidak menyadari jika apa yang dibuat atau ditulis baik itu judul artikel atau isi keseluruhan artikel itu belum atau tidak memenuhi kriteria dari hasil analisis PAGESPEED INSIGHT GOOGLE SEARCH CONSOLE yang ternyata masih banyak kekurangannya atau tidak memenuhi kriteria seperti telihat pada salah satu contoh berikut :

Laporan Analisa PageSpeed Insight

Oke kalau lihat dari gambar di atas, maka bisa dipahami bahwa performa halaman website krenovaku.com pada saat tulisan ini dibuat masih dibawah standar Speed Indeks Google, dimana syarat minimal halaman sebuah website itu baik penggunaannya oleh user adalah diangka 90 sampai 100. 

Jika hasil analisa PageSpeed angkanya diantara 50 sampai dengan 89 itu artinya perlu ada perbaikan untuk masalah kecepatan halaman pada saat di klik atau dibuka baik via web atau seluler. Sekarang kalau angkanya 0 sampai 49 itu artinya halaman web harus dikoreksi total karena mendapatkan pengalaman buruk bagi pengguna. Kira-kira demikian menurut analisa PageSpeed Insight Analisys.

Alamat URL Link Blog vs Google Indeks

Ya sebenarnya kalau bisa mengambil inti sari dari uraian di atas, maka yang perlu menjadi perhatian adalah apa yang menyebabkan indeks halaman website atau blog itu masuk dalam kategori BURUK atau PERLU IMPROVED?

Ada beberapa faktor menurut saya yang pertama selain dari penulissan judul dan konten yang tidak  sesuai, kemudian upload file gambar atau image atau video yang terlalu besar, juga karena faktor antara judul blog dengan alamat tautan URL postingan setelah diindeks oleh Google itu tidak sesuai atau tidak sinkron (pahami kan maksudnya), dan juga backlink yang tidak sesuai dengan pedoman konten itu sendiri. 

Dengan demikian maka bisa dipahami kenapa alasan hasil indeks google itu rapornya MERAH atau KUNING adalah karena salah satu atau beberapa gabungan faktor di atas. 

Pertanyaanya kemudian, Bagaimana cara memperbaikinya? Nah inilah sebenarnya fokus utama dari penulisan artikel ini. Bagi yang masih awam seperti saya tentu akan kesulitan bagaimana cara memulainya karena ketebatasan pengetahuan tentunya.

Untuk itu saya akan berbagi sesuai dengan hasil yang sudah saya coba lakukan yaitu sebatas pada  perbaikan alamat url yang tidak sesuai dengan judul dan ini sangat mempengaruhi hasil indeks halaman website saya KRENOVAKU berdasarkan laporan dari Data Web Inti Google search Console seperti terlihat dalam gambar berikut :

Data web Inti  Halaman Google Search Console

Cara Perbaiki Alamat URL Postingan Blog Tidak Sesuai Dengan Judul Blog

Tahapan cara perbaiki link url tidak sesuai dengan judul postingan blog 

1. Buka halaman blog
2. Buka judul postingan blog dan cek apakah link urlnya sesuai dengan judul atau belum
3. Jika ada perubahan judul atau link urlnya tidak sesuai, kembali ke daftar judul halaman blog, kemudian klik ikon KEMBALI KE DRAF
4. Setelah terbuka halaman edit, cari tombol LINK yang ada di sebelah kanan, kemudian cari PERMALINK KHUSUS
5. Edit judul atau ganti agar sesuai dengan judul blog. Pastikan gunakan tanda pemisah "-" pada setiap kata dari judul blog
6. Setelah selesai kemudian PUBLIKASIKAN dan refresh halaman.
7. Setelah berhasil perbaiki link URL, kemudian buka postingan yang telah diperbaiki. Copy URL yang baru selesai diperbaiki untuk minta pengindeksan google
8. Buka halaman Google Search Console, kemudian klik URL INSPECTION dan paste kan link tersebut kemudian tekan ENTER.
9. Tunggu beberapa saat sampai proses pengindekan oleh Google selesai
10. Setelah proses pengindekan selesai, maka pertama akan muncul URL TIDAK ADA DI GOOGLE. 
11. Untuk memastikan URL baru yang telah diperbaiki muncul dalam penelusuran google, klik "OK" kemudian klik "UJI URL AKTIF"
12. Tunggu beberapa saat sampai proses pengujian URL itu selesai
13. Selamat anda behasil.

Selengkapnya silahkan lihat video berikut sampai selesai agar bisa lebih memahami bagaimana caranya langkah demi langkah memperbaiki masalah alamat URL blog . Dari saya sekian dulu dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau maskan sialhkan tlis dikolom komentar. 

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menggunakan Dan Mangatur Digital Thermostat XH-W3001

Masalah Kualitas Bor Listrik 13mm ORION Impact Drill

Cara Membuat Ragum Besi Sendiri