Alternatif Cara Ganti Switch Rem Belakang Sepeda Motor Dengan Saklar Micro Switch


Alternatif cara mengganti Switch Rem belakang sepeda motor bebek Yamaha, Honda, Suzuki menggunakan saklar Microswitch 2 kaki tuas panjang.

Switch Rem Belakang

Salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk menyalakan lampu rem belakang dan lampu rem depan yaitu switch rem.
Pada saat menggunakan sepeda motor untuk memastikan kenyamanan pada saat berkendara motor, kita harus mengecek semua perangkat lampu baik lampu depan, lampu belakang, lampu sein, lampu indikator maupun lampu tembak harus berfungsi dengan baik. 
Namun terkadang masalah muncul ketika misalnya salah satu lampu anggap saja lampu rem belakang itu tidak menyala atau mati. Nah tentu kita harus memeriksa penyebab nya, apakah lampu bohlamnya sudah putus, apakah switch remnya yang rusak atau koneksi kabelnya yang kurang baik atau mungkin akinya yang tekor.

Silahkan baca juga : 

Penyebab Suara Mesin Berisik Akibat Flywheel Goyang Parah

Khusus pada kasus sepeda motor Yamaha Vega R lama saya ini, penyebab lampu rem belakang tidak menyala atau mati itu disebabkan oleh swith rem yang sudah rusak atau tidak berfungsi. Untuk memastikan penyebab lampu rem tidak menyala saya lakukan pemeriksaan mulai dari kondisi aki, koneksi kabel yang terhubung ke bagian lampu belakang dan lampu sein, stop kontak ON/OFF, dan switch rem yang terhubung ke pedal rem. 
Setelah dilakukan pengecekan pada switch rem ini, memang ternyata sudah rusak tidak bisa digunakan lagi. Jadi saya punya alternatif untuk menggantinya dengan saklar yang kebetulan saya miliki.

Silahkan baca juga : 

Cara Kerja FLASHER Lampu Sein Sepeda Motor

Cuman masalahnya ketika Switch rem aslinya ini saya ganti dengan saklar, pertanyaan nya adalah bagaimana cara memasangnya, dimana harus dipasang dan bagaimana cara kerjanya agar nantinya bisa berfungsi dengan baik?
Untuk itu simak terus artikel ini agar bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru.

Saklar Microswitch

Seperti telah saya jelaskan diatas, bahwa sebagai alternatif untuk mengganti switch rem yang rusak ini saya gunakan saklar Microswitch dengan jumlah kaki 2 dan type tuas yang panjang. 

Kenapa memilih type saklar ini, karena menurut saya model saklar ini lebih sesuai untuk bisa diaplikasikan pada sepeda motor type bebek Vega-R lama ini.

Cara Pasang Saklar Microswitch untuk Switch Rem Belakang

Untuk memasang saklar baru ini terlebih dahulu harus menggunakan media berupa papan Acrilyc bekas sebagai pilihan, karena mudah pengerjaanya dan juga tahan terhadap panas, korosi dan mencegah short pada body motor.

Papan Acrilyc dibentuk sedemikian rupa disesuaikan dengan posisi dimana nanti saklar Microswitch ini akan dipasang.

Lihat ilustrasi gambar berikut :

Papan Acrilyc

Kemudian setelah dibentuk, terlebih dahulu pasang kabel penghubung plus (+) dan kabel negatif (-) pada saklar Microswitch. 

Lihat ilustrasi gambar berikut :

Cara pasang kabel switch rem

Cara Kerja Saklar Microswitch Untuk Switch Rem Belakang

  1. Saklar Microswitch ini bekerja seperti saklar pada umumnya yaitu akan ON ketika tuas panjang ditekan dan akan OFF ketika tuas dilepas atau di releas.
  2. Tuas pedal rem belakang akan berfungsi untuk melakukan pengereman pada Roda belakang bersamaan dengan lampu rem belakang menyala, apabila pedal rem belakang diinjak atau ditekan.
  3. Dengan referensi cara kerja kedua hal tersebut di atas, maka untuk menyalakan lampu belakang dengan saklar Microswitch ini, tuas panjang pada saklar harus bisa bekerja atau berfungsi ketika pedal rem diinjak atau ditekan. Untuk itu posisi pemasangan saklar Microswitch ini juga harus terhubung dengan tuas pedal rem dengan memanfaatkan tuas panjang pada saklar. Silahkan nanti lihat video lengkapnya agar bisa mengetahui dengan baik bagaimana cara kerja dari switch rem ini menggunakan saklar.
  4. Hubungkan kabel Plus (+) dan kabel Negatif (-) pada socket penghubung switch lampu rem. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan berfungsi dengan indikator lamoubr belakang akan menyala ketika pedal rem diinjak dan lampu rem akan mati kembali setelah pedal rem dilepas.

Kesimpulan :

  1. Salah satu penyebab lampu rem belakang tidak menyala adalah switch rem belakang rusak atau tidak berfungsi.
  2. Saklar Microswitch bisa digunakan sebagai alternatif untuk mengganti Switch Rem yang rusak.
  3. Cara kerja dari saklar switch rem untuk menyalakan lampu rem belakang, harus terhubung dengan tuas pedal rem dan akan bekerja menyalakan dan mematikan lampu rem ketika pedal rem diinjak dan/atau dilepas.
  4. Prinsipnya perbaikan masalah switch rem belakang ini menggunakan saklar Microswitch juga bisa dipalikasikan pada semua jenis sepeda motor dengan type pengereman manual,  switch rem belakang Jupiter lama, Jupiter baru, Vega lama dan motor Vega baru, Honda Vario, Honda Supra, Honda beat, Suzuki smash, Suzuki Shogun, motor matic, dan lainnya.
Demikian share alternatif perbaikan untuk mengganti switch rem belakang yang bermasalah. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas waktu luang anda untuk membaca artikel sederhana ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masalah Kualitas Bor Listrik 13mm ORION Impact Drill

Cara Perbaiki Sendiri Pompa Air Suara Kasar Berisik Jadi Halus

Cara Menggunakan Dan Mangatur Digital Thermostat XH-W3001